Excellent Service Puskesmas Trauma Center Tahun 2025
Salah satu jasa pelayanan publik yang dituntut banyak untuk memberikan service excellence adalah jasa pelayanan kesehatan seperti puskesmas untuk memberikan kepuasan pelangan. Pelayanan pelanggan menjadi salah satu keunggulan kompetitif Puskesmas dalam upaya mempertahankan pelanggan. Semakin tinggi angka persaingan membuat Puskesmas bersaing dalam pelayanan terhadap pelanggannya. Untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan sebaik-baiknya, maka perlu pemahaman tentang bagaimana teknik pelayanan pelanggan. Setiap pegawai di Puskesmas harus memahami secara tepat bagaimana melayani pelanggan. Melalui proses pembelajaran ini para peserta dilatih untuk memahami siapa pelanggan mereka, apa kebutuhan pelanggan dan bagaimana melayani dan memberiakn kepuasan kepada pelanggan.
Salah satu kunci keberhasilan dalam meningkatkan pelayanan adalah dengan berinteraksi dan menjalin hubungan baik dengan pelanggan, dengan cara memberikan pelayanan yang memuaskan. Dengan berinteraksi dapat membangun kesempatan untuk mempromosikan produk, layanan dan Puskesmas. Keberhasilan dalam menciptakan kepuasan pelanggan sangat tergantung dari keahlian customer service. Peningkatan kualitas layanan seharusnya secara berkelanjutan diupayakan oleh semua pegawai
Salah satu faktor dalam meningkatkan kepuasan pelanggan adalah penanganan keluhan pelanggan. Untuk mengembangkan organisasi yang berorientasi pada kepuasan pelanggan, keterampilan menangani keluhan pelanggan merupakan sesuatu yang sangat penting.
Puskesmas Trauma Center memiliki standar dalam menangani keluhan pelanggan secara cepat dan tepat serta melakuan proses evaluasi dan tindak lanjut secara berkala. Salah satu temuan terbanyak dari keluhan pelanggan adalah terkait pelayanan yang diberikan oleh pegawai di Puskesmas Trauma Center adalah masalah perilaku petugas yang dinilai kurang ramah terhadap masyarakat, oleh karena itu perlu dilakukan peningkatan kapasitas pegawai dalam hal memberikan service excellence kepada pelanggan untuk meningkatkan mutu serta kepuasan pelanggan yang berkunjung ke Puskesmas.
TUJUAN
- Memberikan pemahaman tentang pentingnya Service Excellent
- Melatih keterampilan komunikasi dalam pelayanan
- Membangun sikap kerja yang proaktif dan empatik
- Mendorong budaya kerja yang berorientasi pada kepuasan pelanggan
Kegiatan Excellent Service bagi pegawai Puskesmas Trauma Center telah dilaksanakan pada bulan Agustus Tahun 2025. Dengan sasaran kegiatan pelatihan service excellent adalah seluruh Pegawai Puskesmas Trauma Center.